Manfaat Khasiat Daun Suji Untuk Mengobati Disentri Beri Beri Kencing nanah Nyeri Lambung Nyeri Haid Penawar Racun

RIAISY BIT | Daun Suji (Pleomele angustifolia N.E Brown) adalah tanaman yang sejenis tanaman perdu dimana bagian daunnya memiliki kemiripan bentuk dengan daun pandan. Hal tersebut menyebabkan selama ini, banyak orang yang keliru menganggap daun suji adalah daun pandan. Meski memang secara kasat mata keduanya memiliki bentuk hampir yang sama, namun daun suji dan daun daun pandan sendiri terdiri  dari 2 tanaman yang berbeda.

Suji memiliki panjang seperti pita, terdapat tulang daun di bagian tengahnya serta tepi daun pandan yang bergerigi tajam. Sedangkan panjang daun suji tidak tajam atau bergerigi serta tidak ada tulang daun di bagia tengahnya.

Daun suji dan daun pandan memiliki wrna yang berbeda. Jika daun pandan memiliki wrna hijau muda yang mengkilap, sedangkan daun suji memiliki hijau tua yang mengkilap. Daun pandan sering kali di gunakan untuk membuat aroma kue wangi, sedangkan daun suji sering kali di guinakan sebagai pewarna alami kue atau sering kita lihat dalam membuat jelly atau dawet.

Tumbuhan daun suji memiliki rasa yang tidak pahit, berbau harum dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terdapat dalam daun suji diantaranya saponin dan flavonoid. Efek farmakologis akar daun suji, di antaranya nyeri lambung dan penawar racun, sedangkan daun untuk anti-inflamasi serta anti-disentri.

Bagian daun, akar, dan batang dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

Mengobati Disentri dan Beri-Beri.


Cuci bersih 20gr daun suji segar, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Mengobati Kencing Nanah.


Cuci 20gr daun suji segar dengan 1 gelas air sampai airnya tersisa setengah gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Mengobati Nyeri Lambung.


Cuci bersih 20gr akar daun suji segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Mengatasi Nyeri Haid.


Cuci bersih 20gr daun suji segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Penawar Racun.


Cuci bersih 20gr akar daun suji segar lalu rebus dengan 2 gelas air  sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

0 Response to "Manfaat Khasiat Daun Suji Untuk Mengobati Disentri Beri Beri Kencing nanah Nyeri Lambung Nyeri Haid Penawar Racun"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel