Manfaat Khasiat Daun Ungu Untuk Mengobati Haid Tidak Lancar Wasir Dan Sembelit

RIAISY BIT | Daun Ungu (Graptophyllum pictum) adalah tanaman tradisional yang terdapat di Papua Nugini yang kemudian menyebar luas ke Indonesia. Di beberapa daerah, daun ungu juga dikenal dengan sebutan nama demung, tulak, wungu, daun temen-temen, handeuleum, karotong, temen, kadi-kadi, kobi-kobi dan daun putri. Di Jawa, daun ungu tumbuh sampai pada 1250 mdpl. Untuk habitatnya, biasanya daun ungu tumbuh di tempat yang banyak disinari matahari. Selain itu pula, ia tumbuh di tempat yang lembab, dan hangat. 

Tanaman ini tumbuh subur di daerah tropis, tinggi tanaman bisa mencapai 6 kaki, dan merupakan tumbuhan perdu yang tegak. Batangnya berkayu, beruas, permukaan batang licin dengan warna ungu kehijauan. Ciri daun tunggal, bertangkai pendek, bentuk daun bulat, tulang daun menyirip. Pada bagian atas daun tampak mengkilap dan tepinya rata. Ciri-ciri bunga majemuk yang tampak keluar pada ujung batang. Rangkaian bunga tandan berwaran keunguan dengan panjang 3-12 cm.  Ciri-ciri buah dapat ditandai dari bentuknya kotak lonjong dan berwarna ungu kecoklatan.  Akar tanaman daun ungu berjenis tunggal dan berwarna coklat muda.


Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan daun ungu diantaranya alkaloid non-toksik, glikosid, steroid, saponin, tanin, kalsium oksalat, asam formik, dan lemak. Efek farmakologis daun ungu, di antaranya peluruh kencing, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan (mild laxative), dan pelembut kulit (emolient). bunga untuk haid tidak lancar, sedangkan daun untuk sembelit dan wasir.

Bagian daun, kulit batang, dan bunga daun ungu dapat dimanfaatkan untuk mengobnati penyakit sebagai berikut :

Mengatasi Haid Tidak Lancar.


Cuci bersih 1 genggam bunga daun ungu kering, seduh dengan 5 gelas air panas. Minum air seduhan beberapa kali sampai habis dalam sehari.

Mengobati Wasir.


Cuci 10gr daun ungu segar, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Mengatasi Sembelit.


Cuci bersih 7 helai daun ungu segar, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

0 Response to "Manfaat Khasiat Daun Ungu Untuk Mengobati Haid Tidak Lancar Wasir Dan Sembelit"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel