Manfaat Khasiat Duwet Atau Juwet Untuk Mengobati Diabetes Mengompol Mencret Karena Dingin dan Masuk Angin

RIAISY BIT | Duwet (Eugenia Cumini ) atau juwet  termasuk keluarga jambu-jambuan. Terdapat beberapa nama untuk tanaman juwet. Di daerah Jawa Barat, juwet dikenal dengan nama jamblang. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan nama Juwet atau Duwet. Di Madura dikenal dengan nama dhalas atau dhuwak. Dan di Bali dikenal dengan nama Jujutan. 

Juwet merupakan tanaman yang memiliki rentang toleransi tinggi dalam hal syarat tumbuh. Juwet dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah. Tanaman juwet dapat tumbuh baik pada ketinggian hingga 300 mdpl. 

Juwet merupakan tanaman berbentuk pohon dengan ketinggian dapat mencapai 20 meter dan batang dengan diameter 40-70 cm. Kulit batang juwet mudah pecah dan memiliki kandungan tannin hingga 8-19 %. Bagian atas permukaan daun berwarna hijau tua dan pada permukaan bawah berwarna hijau pucat. Daun tanaman juwet mengandung tannin 12-13 %.


Buah juwet memiliki rasa yang beragam. Ada yang berasa sepet/kelat, manis sepat, dan juga berasa manis. Terdapat beberapa jenis buah atau pohon juwet. Juwet yang berbuah kecil disebut dengan duwet kerikil dan yang berbuah agak besar disebut dengan juwet gentong. Duwet item merupakan duwet yang memiliki buah dengan daging tebal dan berwarna hitam. Duwet buten memiliki warna yang agak hitam dan tidak memiliki biji. Duwet gajih merupakan duwet yang memiliki warna keputihan dan termasuk salah satu jenis juwet yang keberadaannya suda langka.

Di India, buah juwet digunakan untuk pengobatan kencing manis, diare, dan disetri. Kulit pohon dapat digunakan untuk obat pengelat disentri dan obat kumur. Dan daunnya dapat digunakan untuk pengaobatan sakit kulit. Di Filipina, sirup juwet dan rebusan kulit batang juwet dapat digunakan untuk pengobatan disentri dan diare. 

Perbanyakan tanaman dapat dilakukan secara vegetatif engan mencakngok dan okulasi. 

Duwet memiliki rasa manis dan bersifat netralBeberapa bahan kimia yang terdapat dalam duwet, di antaranya zat samak, tanin, minyak terbang, damar, glukosida, dan asam galat. Efek farmakologis duwet, di antaranya astringen, anti-malline, anti-cholesteremik, dan anti-diabetes.

Bagian bunga, buah, biji, dan kulit duwet dapat dimanfaatkan untuk mengobati bebrapa penyakit :

Mengobati Kencing Manis (diabetes).


Cuci bersih 15 butir biji duwet, giling sampai halus, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Buat menjadi 3 bagian yang sama banyak lalu minum 3 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

Mengatasi yang masih Mengompol.


Cuci bersih 7 butir biji duwet lalu giling sampai halus. Rebus dengan 2 cangkir air bersama 1 sendok makan gula merah sampai tersisa 1 cangkir. Minum sekaligus setiap jam 5 sore. Ulangi secara rutin sampai sembuh.

Mengobati Mencret karena Udara Dingin dan Masuk Angin.


Cuci bersih 1 jari kulit dahan duwet lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus saat hangat 1 gelaas sehari.

0 Response to "Manfaat Khasiat Duwet Atau Juwet Untuk Mengobati Diabetes Mengompol Mencret Karena Dingin dan Masuk Angin"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel