Manfaat Khasiat gadung Untuk Mengobati Kencing Manis Kusta Nyeri Haid dan Rematik

Manfaat Khasiat gadung Untuk Mengobati Kencing Manis Kusta Nyeri Haid dan Rematik

RIAISY BIT | Pernah mengkonsumsi kripik gadung ?, ya selama ini Gadung sebagai tanaman umbi umbian sering dimanfaatkan umbinya dan diolah sebagai kripik. Walaupun demikian gadung tidak sembarangan dikonsumsi karena mengandung racun yang berbahaya. Racun pada gadung ini dapat menyebabkan rasa pusing dan juga muntah – muntah, apabila tidak diolah dengan tepat.Gadung merupakan Tumbuhan Semak, menjalar, permukaan batang halus, berduri, warna hijau keputihan. Daun tunggal, lonjong, berseling, ujung lancip, pangkal tumpul, warna hijau. Perbungaan bentuk tandan, di ketiak daun, kelopak bentuk corong, mahkota hijau kemerahan. Buah bulat setelah tua biru kehitaman. Biji bentuk ginjal. Bagian yang Digunakan Rimpang.


Beberapa nama daerah gadung di Indonesia diantaranya gadung ribo (Minangkabau), sikapa (makasar), salapa (Bugis), bituke (gorontalo), gadu (Bima), Bitter yam (Inggris) dan Bai Su Liang (China). 

Sifat dari gadung belum banyak diketahui. bebebrapa bahan kimia yang terdapat didalam gadung diantaranya alkaloid flavonoid, saponin, tanin, dan dioscorin (C13H19NO2). perlu diketahui bahwa dioscorine pada umbi merupakan racun yang menyebabkan kejang. Oleh karena itu, penggunaan umbi memerlukan penanganan khusus, seperti merendam umbi dalam air mengalir selama beberapa hari. Cara lainnya adalah memasaknya, misalnya direbus dengan banyak air di atas nyala api sedang dan dalam waktu yang lama. Efek farmakologis gadung, di antaranya penurun panas, anti-rematik, peluruh kencing, pengencer dahak, dan menghilangkan nyeri haid.

Bagian yang Diguanakan dan pemanfaatannya

Umbi gadung dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

Mengoabti Sakit Kencing Manis (Diabetes mellitus).


Cuci bersih 15gr umbi gadung segar dan 30gr biji avokad. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus saat hangat 1 gelas sehari.

Mengobati Kusta.


Cuci bersih 15gr umbi gadung, 5gr buah cabe jawa, 5gr biji lada, kelapa parut, dan gula merah secukupnya. Rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih, dinginkan, lalu saring.minum air rebusannya sekaligus saat hangat 1 gelas sehari dan balurkan ampasnya ke bagian kusta.

Mengatasi Nyeri Haid.


Cuci bersih 10gr umbi gadung segar dan 20gr temulawak. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus saat hangat 1 gelas sehari.

Mengobati Rematik.


Cuci bersih 15gr umbi gadung segar dan 15gr jahe merah. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusan 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus