Manfaat Khasiat Gambir Untuk Mengobati Diare pada Anak Serak Sakit Di pangkal Tenggorokan sakit Gusi dan campuran Makan Sirih

RIAISY BIT | Gambir (Uncaria gambir), siapa yang tidak kenal tanaman yang menjadi pelengkap makan sirih sejak zaman old. Gambir adalah sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan yang bernama sama (Uncaria gambir Roxb.). Di Indonesia gambir pada umumnya digunakan untuk menyirih. Kegunaan yang lebih penting adalah sebagai bahan penyamak kulit dan pewarna. Gambir juga mengandung katekin (catechin), suatu bahan alami yang bersifat antioksidan. India mengimpor 68% gambir dari Indonesia, dan menggunakannya sebagai bahan campuran menyirih. 

Tanaman gambir adalah tanaman merambat yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman gambir dapat ditemukan diladang dan hutan sekunder. Nama latin tanaman gambir adalah Uncaria Gambir Hunter R. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman gambir mempunyai nama Pale Catechu, dan White Catechu. Menurut sejarah tanaman gambir ini berasal dari Pulau Sumatra dan Kalimantan. Penyebaran tanaman gambir ini dari wilayah Semenanjung Malaya, Singapura, dan Indonesia (Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Maluku). Ciri-ciri tanaman gambir adalah tanaman ini merambat, daun tunggal, bunga berbentuk bulat berkumpul berwarna merah muda dan hijau. Fungsi dan kegunaan tanaman gambir ini bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai bahan pewarna, dan bahan campuran menyirih. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tanaman gambir ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.


Gambir memiliki rasa pahit, tetapi semakin lama menjadi berubah menjadi manis. Beberapa bahan kimia Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam gambir di antaranya zat samak dan asam katekutanat. Efek farmakologis yang dimiiki oleh gambir di antaranya astringen, pencahar batuk, sakit kuning, dan anti-diare.

Daun dan getah gambir dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut. 

1. Campuran makan sirih


Rebus daun gambir, campur dengan dedak halus secukupnya, bentuk kecil-kecil seperti kue, lalu jemur. Daun gambir ini digunakan untuk campuran makan sirih.

2. Diare pada anak


Cuci bersih 2 potong gambir di dalam segelas air dan 5 cm rimpang kunyit, lalu iris tipis-tipis kedua bahan tadi. Rebus semua bahan dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Untuk anak-anak berumur 3 bulan, berikan air rebusan 1 sendok teh/hari. Anak-anak berumur 4—5 bulan, berikan 2 sendok teh/hari, dan untuk anak-anak berumur 9 bahan, berikan sebanyak 3 sendok teh/hari. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

3. Serak, sakit pangkal tenggorokan, dan sakit gusi


Cuci 1 potong gambir, rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Gunakan air rebusannya untuk berkumur dan telan sedikit saja.

0 Response to "Manfaat Khasiat Gambir Untuk Mengobati Diare pada Anak Serak Sakit Di pangkal Tenggorokan sakit Gusi dan campuran Makan Sirih"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel