Manfaat Khasiat Gandasuli Untuk Mengobati Demam Nifas Rematik sakit Kepala Pilek Flu saluran Pencernaan Terganggu Terlambat haid

RIAISY BIT | Gandasuli ( hedychium coronoarium Koen) merupakan tanaman yang berbunga yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman gandasuli ini biasanya berada pada daerah lembab. Dalam bahasa inggris tanaman gandasuli mempunyai nama Butterfly ginger, garland flower, ginger lily, sedangkan nama China disebut dengan chiang hua. Beberapa daerah di Indonesia menyebutnya dengan  gondasuli (Jawa Tengah), manasuli, mandasuli , mandasuling (Belitung). dagasuli, dagahuli (HalmaheraP). Menurut sejarah tanaman gandasuli ini berasal dari India. Persebaran tanaman Gandasuli ini meliputi wilayah Asia, India, Indonesia, China, Amerika, Brazil, Afrika, Hawaii, Kuba, Nairobi, Kenya, Eropa, Oceania. Ciri-ciri tanaman gandasuli adalah mempunyai rimpang dan berbunga berwarna putih. Fungsi dan Kegunaan tanaman gandasuli bagi sebagian orang digunakan sebagai tanaman hias karena mempunyai bunga yang indah. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman gandasuli ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.


Tanaman gandasuli merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Tanaman gandasuli ini tanaman kecil  dengan  ukuran 1,5 - 2 m. Tanaman gandasuli memiliki helaian daun berbentuk runcing dengan panjang 7-55 cm dengan lebar 3-5 cm. Batang tanaman gandasuli melingkar di penampang, kuat, tidak bercabang, kemerahan di bawah batang dan tertutup oleh lembar daun, satu untuk setiap ruas. Bunga tanaman gandasuli ini majemuk berwarna putih dan berbau wangi. Akar tanaman gandasuli berbentuk rimpang dengan ukuran 2,5 cm - 5 cm. Tanaman gandasuli berkembang biak dengan akar rimpang. Habitat tanaman gandasuli berada pada dataran rendah hingga ketinggian 2500 mdpl dengan sinar matahari yang cukup dan curah yang sedang.

Gandasuli memiliki rasa pahit dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang ‘erkandung dalam gandasuli, di antaranya glukosa, albumen, resin, resinous acid, selulosa, dan asam organik. Efek farmakologis gandasuli, di antaranya seluruh keringat (diaforetik) dan menambah nafsu makan (stomakik).

Bunga dan rimpang gandasuli dapat dimanfaatkan untuk mengobati seberapa penyakit berikut.

Demam Nifas


Zuci bersih 1 kuntum bunga gandasuli, 30 g daun srigading (Nyctantes arbortritis Linn.), dan 30 g daun iler. Rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Rematik


Cuci 15 g rimpang gandasuli, 15 g seluruh tumbuhan jukut pendul kering. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus saat hangat 1 gelas sehari.

Sakit Kepala, Pilek, & Influenza

Cuci bersih 15 g rimpang gandasuli, 10 g seluruh bagian tumbuhan, tanpa akar, jukut pendul kering (Kyllinga brevifolia Rottb.), dan 10 g jahe. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Saluran Pencernaan Terganggu


Cuci bersih 10 g buah gandasuli lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu buat menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum 2 kali sehari masing-masing 1 bagian.

Terlambat Haid (Amenorrhea)


Cuci bersih 1 kuntum bunga gandasuli, 15 g daun iler (Coleus artropurpureus Benth.), 20 g kunyit (Curcuma longa L), 15 g tumbuhan brojolintang (Belamcanda chinensis (L). DC), ½ sendok teh buah adas, dan 1 jari pulasari (Alyxia reinwardtii BI.). Potong kecil-keci semua bahan lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas.Tambahkan gula enau secukupnya, saring, lalu dinginkan. Minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

0 Response to "Manfaat Khasiat Gandasuli Untuk Mengobati Demam Nifas Rematik sakit Kepala Pilek Flu saluran Pencernaan Terganggu Terlambat haid"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel