Manfaat Khasiat Ganyong Untuk Mengobati Diare dan Nyeri Lambung

Manfaat Khasiat Ganyong Untuk Mengobati Diare dan Nyeri Lambung

RIAISY BIT | Ganyong ( Canna Edulis Kerr) adalah tanaman yang umumnya banyak dikenal didaerah pedesaan. Bagi masyarakat desa biasanya umbi rimpang ganyong cukup direbus dan dikonsumsi untuk makanan sehari hari. Sebenarnya, tanaman ganyong ini awalnya berasal dari daerah  Amerika Selatan, namun sudah lama akrab diantara masyarakat kita khsusunya para petani. Ganyong banyak memiliki persamaan nama lain dibeberapa daerah di Indonesia, yaitu  buah tasbih, ubi pikul, ganyal, ganyol,  sinetra dll. Istilah dimancanegara untuk menyebut ganyong adalah dengan sebutan Queensland Arrowroot. Orang China menyebutnya dengan nama pa chiau yu.

Ganyong termasuk dalam tanaman tahunan, atau sampai beberapa tahun, cuma tanaman ganyong ini ada masa istirahat dari satu tahun ke tahun berikutnya. Dalam masa istirahat, seluruh batang tanaman ganyong akan mengering, dan seolah sudah mati. Padahal umbinya masih segar, dan akan tumbuh lagi jika pada musim penghujan.


tanaman ganyong berbatang lunak, tumbuh tegak dengan tinggi 0,9-1,8 meter, bentuk batang bulat sampai agak pipih dan merupakan kumpulan pelepah daun yang secara teratur dan saling tumpang tindih hingga disebut batang semu atau batang palsu. Daun tumbuhan ini lebar hijau atau kemerah-merahan, bentuk daun elips, memanjang. Bunga ganyong berbentuk terompet. Buah berbentuk bulat kecil, kulit berbintil-bintil halus, di dalam buah terdapat rongga-rongga tempat menempelnya biji. Umbi tumbuhan ini umumnya berukuran panjang 60 cm dan diameternya 10 cm, berdaging tebal dan berwarna putih atau keungu-unguan.

Ganyong memiliki rasa manis dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia dalam ganyong, di antaranya flavonoid, saponin, kalsium, garam fosfat, zat besi, dan polifenol. Efek farmakologis ganyong, di antaranya anti-radang, anti-tekanan darah tinggi, peluruh kencing, dan anti-diare.

Bagian umbi dalam bentuk utuh maupun tepung dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

Mengobati Diare.


Parut 20gr umbi ganyong, seduh dengan setengah gelas air panas, aduk, lalu saring. Minum sekaligus saat hangat. Lakukan dengan cara yang sama 3 kali sehari.

Mengatasi Nyeri Lambung.


Cuci bersih 15gr umbi ganyong, 15gr rimpang temulawak, 15gr biji jali yang sudah direndam beberapa hari, dan 15gr daun sambiloto. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus saat hangat. Lakukan 2 kali sehari dengan cara yang sama.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus