Manfaat Khasiat Garut Untuk Mengobati Diare Digigit Seranggga dan Ular Berbisa Disentri Keputihan menambah nafsu makan

RIAISY BIT | Garut atau Gaerut ( Maranata arundinacea L.) adalah tanaman umbi umbian yang belakangan merupakan salah satu tanaman yang digalakkan dan dibudidayakan untuk diambil berbagai macam manfaatnya. Selama ini garut hanya direbus dan langsung dikonsumsi sebagai makanan pendampingmakanan pokok di pedesaan. Tanaman garut berpotensi sebagai pengganti padi, karena selain cara budidayanya yang sangat sederhana dan bisa ditanam dimana-mana, kandungan gizi pada umbinyapun hampir sama dengan padi. Tiap 100 gram tepung garut mengandung karbohidrat 85,2 gram atau setara dengan 355 kalori. Ini lebih kecil dibanding tepung gaplek yang mencapai 88,2 gram setara 363  kalori. Tetapi angka tersebut lebih tinggi dari beras yang hanya 78,9 gram (360 kalori) dan gandum 77,3 gram (365 kalori). Meskipun penggunaannya sangat luas, masyarakat awam masih banyak yang belum tahu tanaman garut, beda dengan singkong, ubi jalar, talas bahkan keladi yang sudah sangat memasyarakat.


Tanaman garut merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman patat-patatan (Marantaceae). Tanaman garut ini tanaman semak tahunan (perennial) berbatang lunak dengan tingginya sekitar 40-100 cm. Batang tanaman garut tipis terkadang bercabang banyak ke arah ujung. Daun tanaman garut  bertektur agak keras bercabang, berseling , tangkai daun berpelepah pada pangkalnya dengan helaian daun berbentuk bulat telur hinga lonjong, berwarna hijau atau kadang-kadang bergaris putih atau ungu kemerahan. Bunga tanaman garut berbentuk malai yang muncul pada ujung batang tanaman berwarna putih. Buah tanaman garut loncong berwarna merah tua gundul dan terkadang berambut. Rimpang akar tanaman garut berdaging, berbentuk silinder berwarna putih atau kemerahan. Rimpang tanaman garut akan dewasa dan matang untuk dipanen sekitar 300 - 365 hari setelah masa tanam. Rimpang inilah yang dimanfaatkan dalam budidaya Garut. Budidaya tanaman garut ini berkembangbiak dengan cara biji. Habitat tanaman garut ini berada pada daerah yang lembab dan basah tanah yang subur dengan curah hujan tahunan rata-rata di kisaran 1.500 - 2,000mm, tetapi mentolerir 700 - 4,000mm. Tanaman garut ditemukan pada dataran rendah hingga ketinggian 1.000 meter dari permukaan air laut.

Beberapa nama lain dari garut diantaranya : sagu ban-ban (Batak), sagu rarut (Minagkabau), saku ndrawa (Nias), peda sula (Halmahera), huda sula, larut (Sunda), garut, gaerut (jawa), arut (Madura), arrowroot, bermuda arrowroot (Inggris), Cuk Yu (China).

Garut memiliki rasa manis dan bersifat menguatkan (tonik). beberapa bahan kimia yang terkandung dalam garut, di antaranya flavonoid, dan saponin. Efek farmakologis garut, di antaranya anti-radang dan meningkatkan nafsu makan.

Umbi garut dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

Mengobati Diare.


Cuci bersih 50gr bubuk umbi garut dan 10-20gr daun jambu biji (Psidium guajava L.). Rebus semua bahan dengan 1,5 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur. Pisahkan daun jambu lalu makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

Mengobati Habis Digigit Serangga dan Ular Berbisa.


Tumbuk 100gr umbi garut kering sampai menjadi bubuk. Campurkan kedalamnya 60gr lidak buaya (Aloe vera) yang sudah di jus, lalu aduk sampai rata. Oleskan campuran bahan pada bagian yang sakit.

Mengobati Disentri.


Cuci bersih 25gr umbi garut dan 15gr patikan kebo lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum air rebusannya sekaligus saat hangat. Lakukan dengan cara yang sama 2 kali sehari.

Mengatasi Keputihan.


Cuci bersih 100gr bubuk umbi garut dan 30gr kulit delima kering (Punica granatum L.). Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur. Pisahkan kulit delima lalu makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

Menambah Nafsu Makan dan Kekurangan Asam Lambung.


Tumbuk 80gr umbi garut sampai menjadi bubuk. Rebus hasil tumbukan tadi bersama asam jawa secukupnya dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur. Makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

0 Response to "Manfaat Khasiat Garut Untuk Mengobati Diare Digigit Seranggga dan Ular Berbisa Disentri Keputihan menambah nafsu makan"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel