Manfaat Khasiat Gatep Pahit Untuk Mengobati Ketombe Kurang Nafsu Makan Kolera Sakit Kepala Penurun Panas dan Kekurangan Getah Empedu.

Manfaat Khasiat Gatep Pahit Untuk Mengobati Ketombe Kurang Nafsu Makan Kolera Sakit Kepala Penurun Panas dan Kekurangan Getah Empedu.

RIAISY BIT | Gatep pahit ( Quassia Indica) adalah tanaman  sejenis kayu pahit. Tanaman ini tumbuh di kawasan Laut Karibia. Ada dua jenis Quassia, yaitu Quassia Suriname (diperoleh dari tumbuhan semak Quassi Amara) dan Quassia Jamaica (diperoleh dari kayu pohon Picrasma excelsa).Pada zaman dulu, pohon Quassia diperlakukan dengan hormat dalam budaya kuno di Hindia Barat. Saat itu, obat-obatan dan minuman diminum dari gelas yang terbuat dari kayu Quassia karena membuat minuman akan jauh lebih manjur.Air yang berada beberapa menit dalam gelas tersebut akan berubah pahit dan digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit terkait sistem pencernaan. 

Gatep pahit memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam gatep pahit di antaranya samaderine(C29H34O10) yang beracun, zat samak, glukoside, dan damar. Efek farmakologis gatep pahit, di anataranya tonik dan penurun panas.



Bagian biji, kulit, daun, dan inti gatep pahit dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

Kekurangan Getah Empedu.


Cuci bersih 60gr biji gatep pahit lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, dinginkan, lalu saring. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Mengatasi Masalah Ketombe.


Tumbuk 50gr daun gatep pahit lalu gunakan untuk keramas.

Kurang Nafsu Makan. 


Cuci bersih 30gr kulit kayu gatep pahit lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Mengobati Kolera.


Cuci bersih 50gr biji gatep pahit lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Mengobati Sakit Kepala dan Penurun Panas.


Rebus 50gr kulit kayu dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus