Manfaat Khasiat Gempur Batu Untuk mengobati Diare Susah Kencing Batu Ginjal

RIAISY BIT | Gempur Batu adalah salah satu tanaman liar yang banyak tumbuh disekitar kita.  Tanaman yang termasuk jenis herba ini nama ilmiahnya adalah Borreria hispida.  Daun berbentuk tombak, bunga kecil-kecil warnanya putih. Tanaman Gempur batu tumbuh liar di hutan, di ladang pada tanah agak lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl. Nama lokalnya antara lain : Hancur batu, remuk sela, Bulu lutung, Kertas watu, Gempur watu.  Dinamakan gempur batu karena tanaman ini memang ampuh untuk obat kencing batu dan batu empedu.

Beberapa bahan kimia dalam gempur batu diantaranya flavonoid, saponin, dan polifenol. Dari kandungan bahan kimianya itu tak heran tanaman ini memiliki efek farmakologis yang ampuh melawan berbagai penyakit. Perlu diingat, tanaman gempur batu sebaiknya jangan diberikan pada penderita penyakit yang menyerang perut. Hal tersebut dikarenakan dalam pemakaian yang lama, gempur batu dapat melemahkan usus.


Berikut beberapa resep tradisional mengenai khasiat gempur batu :

Menghancurkan Batu Ginjal, Kandung Kemih, dan Empedu


Cara penggunaannya dengan menyediakan 4 raining gempur batu dan 7 batang tanaman meniran beserta akarnya, kemudian cuci hingga bersih dan rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah itu dinginkan dan saring, lalu minum 2 kali sehari secara rutin selama 1 bulan, masing-masing ½ gelas.

Obat Luar untuk Diare


Cara penggunaannya dengan menyediakan batang dan daun gempur batu segar masing-masing secukupnya, kemudian cuci hingga bersih dan giling sampai halus bersama buah adas secukupnya. Tempelkan hasil gilingan yang telah halus pada bagian perut.

Susah Kencing


Cara penggunaannya dengan menyediakan 15 g daun segar, kemudian cuci hingga bersih dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus 1 kali sehari

Batu Empedu


Cara penggunaannya dengan menyediakan herba gempur batu segar 2 genggam, Air 110 ml, Dibuat infusan atau pipisan, diminum 2 kali sehari tiap kali minum 100 ml, tetapi  jika  dibuat pipisan diminum 2 kali sehari, sebanyak 1/4 cangkir.

Batu Ginjal


Cara penggunaannya dengan menyediakan herba gempur batu segar 2 genggam, herba meniran segar 7 pohon, Air 110 ml, dibuat infusan, kemudian diminum 2 kali sehari, di pagi dan sore hari sebanyak 100 ml.

0 Response to "Manfaat Khasiat Gempur Batu Untuk mengobati Diare Susah Kencing Batu Ginjal"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel