Manfaat Khasiat Gendola Untuk Mengobati Campak cacar air dada panas dan sesak Diare Flu Obat Mata pegal Linu Rematik Anyang anyangan Usus buntu sembelit

Gendola (Basella Rubra Linn) adalah tanaman suku Malabar Spinach, yang di Indonesia dikenal dengan nama Gendola. Meskipun namanya spinach (bayam) tapi malabar spinach ini tidak sama dengan bayam yang kita kenal. Tanaman asalnya pun berbeda, yaitu dari tanaman basella alba suku Basellaceae.

Beberapa nama lain dari gendola diantaranya ; ganjerot (jawa Tengah),  gandola (Sunda), kandula (Madura), Gendola (Melayu), Tatabuwe (Sulawesi Utara), Pailo (Gorontalo), lembayung (Minagkabau).

Gendola adalah sejenis tanaman merambat yang daunnya berbentuk bulat telur dengan ukuran panjang kurang lebih 10-15 cm dan lebar 5-10 cm. Tepi daunnya rata atau berombak, dasar daun tumpul, warna hijau muda, tangkai kemerahan. Tekstur daun spesifik sehingga mudah dikenal. 

Batang tanaman ini memanjat dan dapat diperbanyak dengan mudah, yaitu stek batang. Bunga yang keluar dari ketiak daun berwarna putih

Di Indonesia, tanaman Gendola ini juga sudah banyak ditanam di berbagai tempat. Tetapi karena minimnya pengetahuan akan manfaat Gendola ini, masyarakat hanya menanamnya sebagai tanaman hias saja. Padahal Gendola memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bahan kimia yang terkandung dalam gendola diantaranya organic, acidglucan, saponin, vitamin A,B, dan C.

Manfaat dan khasiat daun gendola untuk mengobati berbagi penyakit diantaranya :

Obat radang usus buntu


Khasiat daun gendola yang pertama yaitu sebagaidaun yang mampu mengobati radang pada usus buntu. Daun ini sangat sehat untuk menjaga fungsi dari organ usus Anda, termasuk usus buntu yang sering terserang penyakit.

Mengatasi flu


Khasiat daun gendola yang selanjutnya adalah obat herbal pereda flu. Daun yang satu ini bisa membuat virus penyebab flu di tubuh Anda kabur dengan mudah sehingga penyakit flu pun dapat disembuhkan.

Mencegah infeksi saluran kencing


Khasiat daun gendola untuk saluran kencing Anda yaitu mencegah timbulnya infeksi. Infeksi ini jika tidak segera dicegah bisa membuat kencing berdarah ataupun memperparah infeksi yang sudah terjadi di tubuh Anda.

Obat diare


Khasiat daun goedola sebagai obat terbukti dalam menyembuhkan penyakit pencernaan seperti diare. Daun yang satu ini akan membunuh kuman-kuman yang menyebabkan munculnya penyakit diare.

Obat sembelit


Jadikanlah daun gendola sebagai daun anti sembelit yang alami. Kandungan senyawa di dalam daun ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit sembelit dan mencegahnya menyerang kembali ke tubuh.

Mengatasi berak berdarah


Salah satu akibat dari BAB yang tidak lancar adalah BAB berdarah. Hal ini merupakan penyakit yang sudah parah dan cenderung sulit untuk sembuh. Jangan khawatir, Anda masih bisa menggunakan daun gendola untuk mengobatinya.

Mengatasi cacar air


Penyakit lainnya yang bisa disembuhkan dengan daun gendola adalah penyakit cacar air. Daun ini ampuh untuk meredakan cacar air dengan lebih cepat dan juga aman tanpa menimbulkan efek samping ke tubuh.

Tanaman gendola lengkap (akar, batang, bunga, dan daun) dengan berat antara 60-70 gram, rebus dengan air seukuran semua bagian tanaman bisa terendam semua, biarkan sampai air tersisa setengahnya. Dinginkan kemudian minum.

Influenza


15 gram daun segar gendola, rebus dengan 2 gelas air sampai air tersisa 1 gelas, kemudian saring dan tambahkan sedikit garam. Minumlah racikan tersebut.

Sembelit


Daun segar gendola dimasak, kemudian dimakan.

Kencing Sedikit Atau Anyang-Anyangan


Daun segar gendola 70 gram direbus, setelah dingin diminum seperti minum air teh.

Berak Darah


25 gram tanaman gendola lengkap, ditambah 35 gram kapulaga, ditambah 1 ekor ayam betina tua yang sudah dibuang kepala, kaki, dan jeroannya, dimasak dengan air secukupnya, kemudian dimakan.

0 Response to "Manfaat Khasiat Gendola Untuk Mengobati Campak cacar air dada panas dan sesak Diare Flu Obat Mata pegal Linu Rematik Anyang anyangan Usus buntu sembelit"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel